Fungsi tool Shaping ( Trim, Intersect,Weld,Simplify, dll.) pada Corel draw


Fungsi tool Shaping ( Trim, Intersect,Weld,Simplify, dll.) pada Corel draw


Shaping adalah teknik yang digunakan untuk membentuk objek yaitu menggabungkan (Weld), memotong (Trim, Intersect, Simplify, dll) pada dua objek atau lebih yang bersinggungan. Kegunaannya banyak dan tentu saja untuk mempermudah pekerjaan kita.

Langsung saja . ini lah Fungsi - Fungsinya :

1. WELD
Baca Juga : Belajar Corel Draw Untuk Pemula

Baca Juga : software design profesional

Weld berfungsi menggabungkan dua lingkaran tersebut jadi sebuah objek baru. Warna dari objek baru hasil penggabungan dua lingkaran tersebut akan mengikuti objek terakhir yang kita pilih. Jadi jika yang kita klik lebih dulu adalah warna hijau lalu kemudian warna biru maka hasil objeknya akan berwarna orange. Jika sebaliknya maka hasil objeknya akan berwarna hijau.
2. TRIM


Trim berfungsi untuk memotong objek dengan objek lain yang bersinggungan. Pada trim objek pertama yang diseleksi akan memotong objek kedua yang diseleksi. Untuk contoh kita, si biru (lingkaran berwarna biru) yang pertama kita klik akan memotong si hijau (lingkaran berwarna hijau) yang di klik / seleksi terakhir, meskipun si biru berada di atas si Hijau.

Baca Juga :  Membuat Efek Teks Liquid di Coreldraw
3. INTERSECT
Intersect berfungsi untuk mendapatkan objek baru hasil dari persinggungan dua objek. Pada contoh kita maka akan dihasilkan lingkaran baru didaerah persinggungan si Hijau dan si biru. Untuk lebih jelas kita pisahkan.

Baja Juga : Cara Membuat Logo Padi dan Kapas di Coreldraw
4. SIMPLIFY
Simplify ini hampir sama dengan Trim. Bedanya Simplify tidak terpengaruh oleh objek mana yang kita seleksi lebih dulu, yang jadi patokan adalah objek yang berada di atas akan memotong objek yang bersinggungan yang berada dibawahnya.

Baca Juga : Mengenal perbedaan dalam warna CMYK dan RGB
5. FRONT MINUS BACK DAN BACK MINUS FRONT
front minus back

back minus front
Seperti namanya, maka fitur Front Minus Back akan memotong  objek yang paling atas oleh objek yang ada dibawah dan objek yang berada di bawah tersebut akan langsung hilang. Sederhananya seperti dihapus oleh objek yang berada di bawah . Dalam contoh kita, si biru akan terpotong oleh si Hijau yang berada di bawahnya dan si Hijaunya langsung menghilang.

Baca Juga : Cara Membuat Ukuran Design Untuk Souvenir Pin/Gantungan Kunci

6. CREATE A NEW OBJECT THAT SURROUNDS THE SELECTED OBJECT

Fitur ini berfungsi untuk menghasilkan objek baru dari hasil penggabungan 2 objek yang diseleksi. Hasilnya mirip hasil Weld, bedanya 2 objek pembentuknya masih ada sedangkan pada Weld 2 objek pembentuknya sudah tidak ada
Objek barunya hanya berupa Outline yang mengelilingi si Hijau dan si Biru. Jika kita pisahkan maka akan tampak seperti gambar ketiga.
Demikian tentang kegunaan Weld, Trim, Intersect dan teman-temannya, intinya berfungsi untuk menggabungkan, memotong atau menghapus objek dengan objek lain.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

cara merubah bahasa di corel draw

shortcut pada adobe ilustrator