Mengenal perbedaan dalam warna CMYK dan RGB


Mengenal CMYK dan RGB




A. CMYK

CMYK (Cyan-Magenta-Yellow-Black) Disebut sebagai warna proses atau empat warna. CMYK adalah model warna yang berbasis sebagai pengurangan sebagian gelombang cahaya. dan sering digunakan dalam pencetakan berwarna. Jadi untuk mencapai atau mendapatkan hasil yang relativ dibutuhkan sedikitnya 4 warna tinta yaitu : Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Keempat warna tinta tersebut disebut warna proses.

Hasil perwarnaan menggunakan CMYK tampak begitu sempurna tetapi dalam proses cetak harus ada ke-empat warna tersebut. Pastinya tinta yang digunakan harus memenuhi standar tertentu misalnya saja memenuhi spesifikasi warna serta nilai Transparency atau Opacity.
B. RGB

RGB (Red-Green-Blue) yaitu warna pencahayaan . Digunakan untuk display monitor, Warna warna primer. Tergantung kepada teknologi alat yang dipakai seperti LCD/CRT pada Display monitor.  Ketiga watna tersebut dikombinasikan dan terciptalah warna putih.
Warna dalam RGB ini sebetulnya adalah prinsip warna yang sering digunakan pada media elektronik. Tak heran jika tampilan warna RGB ini begitu menarik, terang serta menyenangkan. Hal ini disebabkan karena paduan warna ini didesain untuk warna monitor dan bukan untuk warna cetak.
Karena dikhususkan pada layar monitor menjadikan RGB ini sangat dipengaruhi oleh kapasitas grafis komputer yang digunakan. Apabila komputer yang digunakan memiliki Graphic Card yang berkualitas pastinya tampilan pada monitor LCD akan semakin bagus begitu pula sebaliknya.

C. Mengetahui Perbedaan dan Persamaan CMYK dan RGB

Setelah Anda memahami pengertian CMYK dan RGB selanjutnya Anda harus mengetahui persamaan dan perbedaan antar dua unsur warna tersebut. Dilihat dari persamaan, baik RGB maupun CMYK sebetulnya merupakan warna primer dalam dunia desain tetapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi yang berbeda tersebut nantinya akan menjadi pembeda penting diantaranya keduanya.
Perbedaan CMYK serta RGB dimulai dari fungsinya. Dimana fungsi dari CMYK adalah untuk digunakan pada printer. Biasanya CMYK tersebut digunakan pada desain yang nantinya akan dituangkan dalam media cetak bisa berupa kertas atau media lainnya. Contohnya sebelum Anda melampirkan hasil desain berupa desain kartu nama, brosur, spanduk, x banner dan lainnya usahakan telah disimpan dengan pemilihan format Color Mode menjadi CMYK. Apabila unsur CMYK ini dicampur akan menjadi warna hitam. Agar hasil cetak terbaik sebaiknya gunakanlah warna CMYK tetapi pastikan Anda mengenali karakterisitik perangkat cetak yang Anda gunakan terlebih dahulu.
Sedangkan untuk RGB digunakan untuk layar monitor sehingga tampilannya tampak begitu cerah dan memukau. Unsur warna RGB digunakan pada desain yang akan ditampilkan pada media layar monitor dan tidak untuk di cetak. Apabila unsur warna RGB ini disatukan akan menghasilkan warna putih. Oleh karena itu biasanya RGB digunakan pada desain grafis dan desain web agar tampil lebih menarik.
Setelah memahami pengertian dan persamaan serta perbedaan CMYK dan RGB pastinya akan mempermudah Anda dalam memahami masing-masing unsur warna tersebut. Terlebih bagi Anda yang bekerja dalam dunia desain sebaiknya harus memahami kedua unsur warna tersebut demi kesuksesan desain yang Anda buat. Hal ini juga perlu diketahui bagi Anda yang akan mencetak sebuah projek.
Melalui penjelasan di atas dapat diketahui, bahwa dalam dunia desain terdapat dua unsur warna CMYK dan RGB. Meskipun merupakan warna primer tetapi keduanya memiliki perbedaan dalam segi penggunaan sehingga penting untuk Anda pahami agar tak salah dalam menggunakan unsur warna tersebut. 

Comments

Popular posts from this blog

cara merubah bahasa di corel draw

Fungsi tool Shaping ( Trim, Intersect,Weld,Simplify, dll.) pada Corel draw

shortcut pada adobe ilustrator