membuat pola print + cuting pada corel


Sekarang saya akan share gimana sih cara membuat pola cuting stiker yang benar


Software yang saya gunakan CorelDraw

Kenapa saya pakai Corel ? kenapa tidak pakai ilustrator ? karena di Indonesia rata - rata digital printing pakai coreldraw dan sangat jarang yang pakai ilustrator

Pertama yang saya bahas itu cara membuat Print + cuting yang simple

misal Customer minta ukuran stiker diameter lingkaran 5 CM, kita sebagai designer harus melebihkan ukurannya menjadi 5,2 CM agar nanti proses cutingnya lancar tidak ada miss putih


  • Buka Corel terlebih dahulu
  • Saya disini menggunakan kertas dengan ukuran A3 ( 42 x 29,7 CM )
  • Buat lingkaran dengan diameter 5,2 CM kasih misal warna hijau
  • Buat lagi lingkaran dengan diamter 5 CM kasih warna outline merah




seperti ini
  • Jika sudah sekarang tinggal diperbanyak saja caranya ke menu Object → Transformation → Position atau bisa juga tekan Alt + F7, nanti akan keluar dipojok kanan kotak dialog, di relatif potionnya kalian klik kotak tengah kanan, untuk copiesnya kalian kasih angka 1 nanti tinggal di aplly saja sampai mentok A3


seperti ini full kesamping A3
  • lakukan yang sama untuk kebawah hingga full A3

  • Sekarang kita harus ngambil outline merahnya , kalo diklik satu per satu akan lama. saya kasih tau cara cepatnya ke menu edit → find and replace → Replace Object → Replace Color , Untuk bacaan Find ganti dengan warna merah terus centang outline

Seperti ini untuk setingannnya
  • klik Finish → Find All → CTRL + X → Page yang baru tadi dibuat → CTRL + V

Sudah jadi untuk pola Print + cuting stiker
  • NB:jangan lupa untuk design apa pun usahakan setiap 5 menit disave
  • Kalian pasti ga mau ngalamin yang namanya not responding .. hahahahha
Itu hanya untuk pola print + cuting .. beda lagi untuk cuting stiker

nanti saya akan share kembali
Terima kasih

Baca Juga : Perbedaan Print + Cuting Stiker dan Cuting Stiker







Comments

Popular posts from this blog

cara merubah bahasa di corel draw

Fungsi tool Shaping ( Trim, Intersect,Weld,Simplify, dll.) pada Corel draw

shortcut pada adobe ilustrator